Rabu, 30 Desember 2015


Pelaku Pelaku Ekonomi










Oleh:

Igo Novaldi Sandri

Naufal Murtadza

Suci Aninda Rahmadania

Tengku Amir Ramadhan

Wirahayu DIannisa



X MIA 1/ DOMINO

  1. Pelaku Ekonomi

  • Rumah Tangga Keluarga
    Yang dimaksud rumah tangga adalah bagian dari masyarakat. Bisa berupa perorangan,kelompok,lembaga-lembaga maupun badan-badan sebagai konsumen barang-barang atau jasa dari hasil produksi. Singkatnya adalah sebagai pemakai (konsumen) barang atau jasa dan produsen (faktor produksi) dalam kegiatan ekonomi.

  • Rumah Tangga Produksi
    Merupakan kesatuan yuridis. Bertujuan mencari laba/memberi layanan kepada masyarakat. Fungsi utamanya adalah sebagai penyedia barang dan jasa (Produsen).

  • Pemerintah
    Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu. Dalam ekonomi, memegang peran penting dalam mengatur,menstabilkan, dan mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat. 

  • Masyarakat Luar Negeri
    MLN adalah salah satu pelaku ekonomi yang berperan didalam menunjang kegiatan perekonomian yang dijalankan oleh Negara dimana kegiatan perekonomian yang dilakukan dengan masyarakat luar negeri ini menimbulkan arus barang dan jasa yaitu ekspor impor dan arus uang masuk dan keluar (kurs valas).



CIRI - CIRI DAN PERANAN Rumah Tangga Keluarga

         2.  Ciri ciri rumah tangga keluarga

  1. RTK adalah pemilik semua faktor produksi, contoh: Tenaga kerja, tanah , modal, dan kewirausahaan
  2. Total pendapatan RTK berasal dari kompensasi faktor produksi yang mereka miliki, diperoleh dari upah, sewa, bunga, dan keuntungan
  3. Kegiatan utama adalah konsumsi karena itu RTK terkadang disebut Rumah Tangga Konsumsi
  4. RTK menghabiskan total pendapatan untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi perusahaan
  5. Jika RTK menyimpan sebagian pendapatan di perusahaan maka disebut investasi

          3. Peranan RTK

  1. Membeli barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan demi kelangsungan hidup/memenuhi kebutuhannya.
  2. Sebagai konsumen
  3. Sebagai penyedia jasa faktor produksi (SDA, SDM, modal, kewirausahaan)



RTK sebagai tenaga kerja/SDM memperoleh gaji. Melalui gaji, mereka melakukan hubungan konsumsi/jual beli



Rumah Tangga Produksi

4. Karakteristik rumah tangga produksi

  1. RTP tidak mempunyai sumber daya sendiri
  2. RTP menyewa faktor faktor produksi
  3. RTP menggunakan faktor produksi dan melakukan kegiatan prosuksi, menjual barang dan jasa kepada RTK
  4. RTP membayar pajak ke pemerintah
  5. RTP tidak memiliki simpanan


5. Peranan RTP

  1. Sebagai produsen (menghasilkan barang dan jasa)
  2. Sebagai distributor (menjual dan mendistribusikan barang dan jasa)
  3. Sebagai agen pembangunan (membantu pemerintah dalam menjalankan pembangunan)
  4. Sebagai pengguna/pemakai faktor produksi (memberikan imbalan balas jasa)
  5. Sebagai wajib pajak (membayar pajak kepada pemerintah)









6. BAGAN INTERKASI PEREKONOMIAN 2 SEKTOR

Layanan sumber daya mengalir dari rumah tangga keluarga ke rumah tangga produsen atau perusahaan. Pembayaran mengalir dari rumah tangga produsen ke rumah tangga keluarga. Barang dan jasa mengalir dari perusahaan kerumah tangga. Rumah tangga keluarga menggunakan pembayaran yang mereka terima untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan. Pembayaran barang dan jasa yang dibeli oleh rumah tangga keluarga adalah pendapatan rumah tangga produsen. Ini semua dapat dilihat pada gambar dibawah.




7. BAGAN INTERKASI PEREKONOMIAN 3 SEKTOR (DENGAN CAMPUR TANGAN PEMERINTAH)

  1. Kegiatan perekonomian digambarkan terdiri dari 3 pelaku ekonomi : Rumah tangga produksi (RTP), Rumah tangga keluarga (RTK) dan RUmah tangga Negara (G). Cmapur tangan pemerintah dalam perekonomian akan menimbulkan 3 arus baru dalam kegiatan perekonomian sebagai berikut:

  • Arus pembayaran pajak oleh RTK dan RTP kepada pemerintah. Arus pembayaran pajak ini sekaligus merupakan pendapatan bagi pemerintah
  • Arus pengeluaran dari sector pemerintah (Government Expenditure) untuk pemakaian barang – barang / jasa – jasa kepada perusahaan – perusahaan
  • Arus pembayaran dari pemerintah atas penggunaan faktor – faktor produksi kepada sector RTK


  1. Komponen penting lainnya setelah campur tangan pemerintah adalah pajak (Tx), Transfer pemerintah (Ti), dan pengeluaran pemerintah (G) melalui campur tangan pemerintah di dalam bidang ekonomi, ini berarti pemerintah turut campur tangan dalam mengendalikan kegiatan ekonomi.
  2. Berikut adalah skemanya:


    8. INTERAKSI EKONOMI LENGKAP (4 SEKTOR)
  3. Berikut akan menggambarkan interaksi timbal balik antar rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri

  • Aliran antara Rumah Tangga dan Perusahaan: Aliran antara pemerintah dengan rumah tnagga dan Perusahaan sebagai salah satu pelaku ekonomi, pemerintah memproduksi barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dan perusahaan dengan tujuan untuk melayani kepentingan umum
  • Aliran yang berkaitan dengan masyarakat luar negeri: Hubungan dengan masyarakat luar negeri merupakan hal yang tidak bias dihindarkan lagi. Hubungan dengan masyarakat luar negeri telah menciptakan terjadinya arus masuk barang dan jasa (impor barang dan jasa) serta arus masuk faktor – faktor produksi (Impor faktor – faktor produksi).

  • BERIKUT ADALAH SKEMANYA




9. PERANAN RUMAH TANGGA NEGARA

  1. Bedasarkan pasal 33 ayat 2 “Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. Dan ayat 3 “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”, pemerintah menguasai tambang minyak bumi yang pengelolaannya di serahkan kepada pertamina dan juga didirikannya BUMN
  2. Dalam kegiatan ekonomi pemerintah melakukan kegiatan konsumsi dengan cara pemanfaatan sumber daya manusia dari rumah tangga keluarga serta barang dan jasa dari rumah tangga produksi yang tujuan konsumsinya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, seperti membangun sarana dan prasarana (rumah sakit, sekolah, jembatan, jalan, dll.)
  3. Pemerintah juga menjaga kondisi baik terhadap stabilitas harga harga dan membuat peraturan yang mendorong iklim berusaha pada masyarakat
  4. Pemerintah juga menjaga kondisi baik terhadap stabilitas harga harga dan membuat peraturan yang mendorong iklim berusaha pada masyarakat.
  5. Selain itu pemerintah melakukan distribusi pendapatan sehingga tidak terlihat antara si kaya dan di miskin dengan cara pemungutan pajak. Pajak tersebut digunakan untuk pembayaran transfer yaitu pemberian kepada anggota masyarakat selain barang dan jasa, seperti tunjangan.
  6. Belanja pemerintah terdiri dari
    • Belanja rutin, contohnya pembayaran gaji PNS dan TNI
    • Belanja pembangunan, contohnya pembiayaan fasilitas umum seperti jalan
  7. Uang dibelanjakan berasal dari pajak, untung perusahaan milik negara, pinjaman luar negeri,dll

10.    Peranan MLN

  • Sebagai pasar bagi produk yang dihasilkan, yaitu bahwa masyarakat luar negeri merupakan konsumen potensial dan memiliki daya beli yang tinggi
  • Sebagai produsen, yaitu bahwa masyarakat luar negeri menghasilkan banyak sekali produk dan peralatan seperti mobil, komputer, mesin dll.
  • Sebagai investor, yaitu penanaman modal ke negara lain untuk mengelola modalnya di negara lain tersebut agar memperoleh keuntungan.
  • Sebagai tenaga ahli, adanya dokter ahli bedah dari luar negeri yang bekerja di suatu rumah sakit di indonesia.
  • Perdagangan luar negeri, yaitu perdagangan antar negara yang bisa menghasilkan devisa dan keuntungan yang sangat besar.
  • Pertukaran tenaga kerja, yaitu pengiriman tenaga kerja dari suatu negara yang mengalami kelebihan tenaga kerja ke negara lain yang membutuhkan yang akan menghasilkan devisa.
  • Pinjaman luar negeri, yaitu pemberian pinjaman dari luar negeri yang sangat berguna untuk mengatasi permasalahan ekonomi dalam negeri yang sudah mendesak.
  • Bantuan luar negeri, yaitu pemberian bantuan dari negara lain atas terjadinya bencana alam dan perang.

0 comments:

Posting Komentar